Akupun Terus Belajar

Dengan apa hidupku akan aku isi?

Pertanyaan itu terus menjadi tanya walau dulu pernah sekali kujawab. Pertanyaan itu kembali lagi muncul saat logika terhadap luasnya cakrawala ilmu itu berdebat ringan dalam pikiran. Membuat fokus-fokusku dalam hidup kembali dipertanyakan. Apa mungkin ini dampak yang timbul dari terus belajar mempertanyakan banyak hal yang sering aku alpa-kan dalam pikiran?

Hidup itu terbentuk dari proses berpikir kritis terhadap pilihan-pilihan awal kita. Membentuk suatu ritme kebiasaan yang mungkin bakal terasa menjemukan, disis lain akan sangat ternikmati prosesnya. Saat itu, gairah membaca, menulis, dan berdialog lintas gagasan dan ide jadi objek yang tak cukup diperbincangkan hingga pukul sebelas malam saja. Narasi dan kajian kehidupan menjadi menarik di hati karena akibat dari kehidupan ini sangat besar dan mempengaruhi pencapaian positif kelak di akhirat.

Kadang, narasi-narasi ini sulit dimengerti orang lain. Tak jarang, akupun bingung terhadapnya. Dan mencoba tertatih mencari jawaban dan mulai membenarkan cara berpikirku yang mulai kacau. Mungkin ini hanya penilaian awal. Membuktikan problematika yang sedang dihadapi tidak terakomodir dalam satu kepala. Mungkin aku butuh satu lagi kepala, jadi hardware kemudian munculkan solusi baru dalam setiap ritme tanda tanyaku. Mereka sebut itu sebagai pendamping hidup. Ini juga baru mungkin.

Kini kita harus membenarkan hidup. Merubah cara berpikir dan cara pandang terhadap nyawa yang sudah dititip pada kita. Agar benar langkahnya saat utak-atik daratan dunia sampai benar. Proses ini yang Allah perintahkan, padahal Dia tidak meminta maksimal pada hasil, hanya maksimal pada proses. Kenapa kita harus berhenti belajar?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s