#TerimaKasihMK

Hari ini adalah hari terakhir kami menempati Pusdik Pancasila dan Konstitusi milik Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia. Terhitung sudah 14 hari fasilitas ini kami (Calon Hakim Pengadilan Agama Gelombang II PPC Angkatan III Tahun 2018) manfaatkan fasilitas ini dalam Diklat I Program Pendidikan Calon Hakim, rencananya dalam Diklat II tahun depan, kami sudah tidak menggunakan Pusdik ini dan kembali ke Pusdiklat Kumdil Mahkamah Agung di Megamendung. Kedua lembaga negara ini (MA dan MK) memperlihatkan sinergi lembaga yang begitu harmonis, saling dukung dalam rangka mewujudkan peradilan yang Agung di masa depan.

Sebagai rasa hormat yang tinggi dan bentuk terima kasih kami, diinisiasi lah gerakan #TerimaKasihMK sebagai gerakan dukungan moril kami terhadap lembaga negara ini. Kita ketahui, bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) memiliki kewenangan dalam menyelesaikan gugatan terhadap Undang-undang (Judicial Review), menyelesaikan konflik Pilkada, dan melakukan Pembubaran Partai Politik. Ketiga wewenang ini menjadi amanah khusus negara lewat amandemen UUD Tahun 1945.

Kenapa MK harus tetap didukung?

Dukungan masyarakat terhadap MK adalah bentuk kepercayaan publik terhadap lembaga ini. Dukungan kita secara otomatis akan mendukung akuntabilitas MK terhadap publik semakin meningkat. Dukungan ini bentuk harapan masyarakat Indonesia terhadap lembaga ini, walau harapan ini telah tertulis dalam amanat konstitusi negara, dukungan moril harus tetap digaungkan untuk memberi semangat positif pada setiap pribadi yang sedang berjihad mempertahankan konstitusi berjalan pada arah yang benar. Masa depan bangsa juga ditentukan oleh kualitas putusan-putusan Mahkamah Konstitusi.

Terakhir, saya ucapkan terima kasih banyak untuk Mahkamah Konstitusi. #TerimaKasihMK semoga kau tetap menjadi panglima pengawal konstitusi Republik ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s