Sudah Tahun Baru Saja Kawan!

Sudah Tahun baru saja kawan. Apakah ini waktu yang tepat buat kita, lakukan perenungan-perenungan hidup? Yang terbata-bata terucap oleh mulut dan terputus-putus sulit teringat oleh ingatanmu yang mulai rapuh. Mulai menunduk berkaca pada diri sendiri.

Bagaimana ibadah dalam setahunmu ini yang kau jalankan? Masihkah gerakannya terselesaikan begitu cepat tanpa jeda penghayatan di setiap geraknya? Namun begitu serius saat meminta kesenangan hidup dunia dan kekekalan hidup di akhirat?

Bagaimana pula ilmu yang kau dapat di meja-meja kusam sekolah sekolah berdebu di Republik ini? Sudahkah tanggung jawab keilmuanmu kau sampaikan, amanahnya kau tunaikan, pengetahuannya kau ajarkan, atau masih saja kau pakai ilmu itu tuk menipu demi menambah simpanan emas di berangkas murahan yang kau letak di ujung tempat tidurmu?

Bagaimana pula bentuk abdimu kepada ibu-bapak yang membesarkanmu? Apakah mereka masih jadi tempat kembali saat kau terlilit kesulitan saja, lalu mereka terlupakan dan tertimbun dalam tawa-tawa renyah yang kau lontarkan saat berkumpul bersama teman teman sebaya di pojok kafe perlintasan rel kereta?

Pun bagaimana kondisi hatimu. Apa ia masih tetap kaku tak berwibawa, berkali-kali hitamkan kesuciannya dan hanya kau jadikan tempat paling asyik untuk mengumpat, menghina, berburuk sangka, dan beternak rasa kekesalan dan kekecewaan?

Kaki dan tanganmu bagaimana pula? Ingat! Keduanya akan jadi saksi yang berbicara saat mulut dilarang berbicara. Masihkah kau gunakan mereka buat melakukan kesenangan-kesenangan menjijikkanmu? Apa hanya kematian saja yang mampu menghentikan keegoisan itu?

Kawan, sudah tahun baru saja kawan! Seperti ini saat yang baik buat menjawab itu semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s