Hermeneutika Hukum Islam: Upaya Melampaui Objektivisme

(Petikan Tulisan Ahmad Syahrus Sikti dalam Dinamika Hukum Islam: Kritik Intelektual Muslim Terhadap Positivisme Hukum Islam)

Penggunaan hermeneutika dalam hukum Islam merupakan upaya untuk mengerti dan memahami hukum Islam yakni refleksi kefilsafatan tentang syarat-syarat kemungkinan bagi semua pergaulan manusia dengan kenyataan yang bersifat interpretatif. Nasr Abu Zayd dalam  Rethinking the Qur`an: Towards a Humanistic Hermeneutics menjelaskan bahwa keinginan membuktikan sebuah pemahaman hermeneutika adalah sikap inklusif terhadap apa yang dipahami. Jika nalar objektivisme hukum Islam memperlakukan manusia sebagai objek mati, sebaliknya filsafat hermeneutik berpijak pada humanisme.

Hermeneutika hukum Islam berbeda dengan teologi Islam yang mendewakan objektivisme sedangkan hermeneutik hanya menafsirkan suatu teks. Teks hukum Islam tidak hanya sebatas pada zamannya tetapi selalu berbicara bagi masa kini dan masa yang akan datang sehingga akan tercapai konsumasi dengan terbentuknya pemahaman yang lebih utuh dan proses penafsiran ini tidak berarti akan berujung pada absolutisme.

Ketika seorang yuris menginterpretasi sebuah teks yuridik untuk mendistilasi kaidah hukum yang terkandung di dalamnya dan pada saat itu juga yuris tersebut menerapkan maknanya, hal tersebut disadari bahwa antara interpretator dan teks yuridik terdapat jarak waktu. Teks hukum Islam yang bersumber dari Alquran dan Hadis yang dipahami sebagai kumpulan teks yang qat`i al-dilalah dan zanni al-dilalah maka signifikansi hermeneutik dapat membelah percakapan dengan teks Alquran dan Hadis tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s